Teks Lafadz Takbir Lengkap dan Tata Sholat Hari Raya

Salam Sahabat ~ Indentik dengan kumandang takbir bergemuru dengan datangnya hari raya baik idul adha atau idul fitri dilanjutkan dengan sholat id. Id artinya hari raya dan hari raya dalam islam ada dua idul adha dan idul fitri idul adha juga disebut hari berkorban yang mana ada dua puasa sebelumnya yakni tarwiyah dan arafah dikenal sebagai musim haji puncak haji. Kembali lagi kepenjelasan apa itu hari raya? 
  1. Hari raya idul fitri adalah sholat dua rokaat yang dikerjakan pada waktu pagi biasanya pukul 06.00 waktu sholat id dipagi hari bertepatan dibulan syawal, sedangkan hari idul adha(qurban)
  2. Hari raya idul adha adalah sholat dua rekaat dikerjakan pada bulan dzulhijjah waktunya tanggal 10 dzulhijjah jam 06.00 dengan takbir didalamnya dan adanya ceramah agama bertemakan qurban biasanya.

Waktu Pelaksanaan sholat id waktunya ketika matari terbit dan condong ke barat.serta sholat idul fitri dan adha adalah sunnah muakkad (sunnah yang dikuatkan) didalam hukum islam Berbagai Macam Bentuk Hukum dalam Islam

Sholat idul fitri dan adha lebih baik dilakukan secara berjamaah walaupun sholat tersebut sunnah karena didalamnya ada khotbah, namun berbeda dengan sholat jumat, kalau idul adha dan idul fitri khotbahnya dilakukan sholat dua rokaat tapi kalau sholat jumat dilakukan setelah khotbah. Lebih jelas bagaimana cara sholat idul fitri dan idul adha beserta niatnya

Langkah - langkah sholat hari raya, untuk sholat hari raya sama dengan yang lainnya yang membedakan adalah adanya takbir dan khobah didalamnya.
  1. Niat
  2. Takbiratur ihram
  3. takbir 6 kali pada rokaat pertama
  4. Rukuk
  5. Iktidal
  6. Sujud
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. rokaat kedua
  9. Tabir sebanyak 5 kali selanjutnya sama dan diakhiri tahiyat akhir

Lafadz niat idul fitri



Lafadz niat idul adha



Kesunnahan membaca tasbih setelah takbir pertama maupun ke dua



lafadz takbir lengkap idul fitri dan idul adha beserta artinya


ALLAH MAHA BESAR 2x Tiada tuhan selain Allah, maha besar Allah dan segala puji baginya, Allah maha besar dan maha agung, dan segala puji bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan petang, tiada tuhan melainkan Allah dan tiada ada yang kami sembah kecuali hanya Allah. dengan iklas kami beragama kepadanya, walaupun orang - orang kafir membencinya. Tiada tuhan melainkan Allah sendirinya. Benar janjinya dan dia menolong akan hambanya, tiada tuhan mengusir nabinya dengan sendirinya, tiada tuhan melainkan Allah, Allah besar dan baginya segala puji.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau sholat idul adha maupun idul fitri
  • Berpakaian yang rapi memakai wangi wangian yang harum
  • Sebelum berangkat sholat untuk yang idul fitri disunnahkan makan terlebih dahulu sedangkan untuk idul adha disunnahkan tidak makan terlebih dahulu
  • Ambilah jalan yang berbeda maupun sholat idul fitri maupun adha. Mulai berangkat dan pulang ambil jalur yang berbeda.
Semoga bermanfaat dan bisa mengerjakan sholat dengan kusyuk dan dengan doa takbir kita bisa menjadi lebih baik amin.
Previous
Next Post »

1. berkomentar Yang Baik
2. Berkomentar Sesuai Dengan Tema
3. Jangan Spam Yach !!! ConversionConversion EmoticonEmoticon